aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

Jumat, 13 Januari 2012

DETEKTIF?

Detektif.



Nah, apa yg terbersit dipikiran kalian tentang 'detektif' ? Bagaimana itu 'detektif' ?
Well, saya akan menjelaskan sedikit tentang dunia detektif. Saya tahu tentang ini karena pernah juga bekerja sebagai detektif di dunia maya (Facebook). Hehehe..

Menurut saya, Dunia detektif sangat menarik, kawan. Definisi detektif itu sendiri begini, kata detektif berasal dari kata deteksi. Artinya detektif adalah sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk mendeteksi kebenaran atau menyelidiki hal-hal ganjil yang menyembunyikan satu kebenaran. Pekerjaan ini mengungkap sebuah kebenaran dari ribuan kebohongan. Menarik kan ?

Profesi Detektif memang kurang trend di Indonesia, padahal profesi ini mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Mengapa ? Karena profesi ini menuntut : wawasan yang meluas , cara berfikir yang rasional , memiliki imajinasi yang bermutu , mampu melihat dari berbagai sudut pandang masyarakat , kecerdasan logis maupun eksak , mempunyai insting yang kuat , mengerti dan mampu mengendalikan emosi seseorang, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Jika mampu memenuhi tuntutan-tuntutan ini, dijamin bahwa Anda akan dikenal sebagai detektif terhebat berkualitas masa ini. Ya, seperti Detektif idolaku Shinichi Kudou atau Sherlock holmes. :) kalian tahu kan siapa mereka ?

Okay, nah.. semua orang bisa menjadi seorang detektif , tapi belum tentu mampu menjadi detektif yang berkualitas. Jika Anda bertekad menggeluti profesi ini, yang pertama Anda lakukan ialah meyakini kemampuan yang Anda miliki. Apakah pantas ? Apakah kelak menjadi detektif yang berguna atau detektif 'kacangan' ? Memutuskan tentang ini bukanlah permainan. Sebab saya mengerti benar tugas seorang detektif itu. Sekali lengah, Anda kalah. Itulah resikonya.

Lengah dalam hal apa ? Lengah dalam menyelidiki petunjuk-petunjuk yang membawa arah menemukan kebenaran , lengah dalam menyikapi tingkah laku pelaku , lengah dalam menyadari kalimat-kalimat pelaku hanyalah kebohongan-kebohongan untuk menyembunyikan fakta , dan lengah pula dalam misi menjebak pelaku.

Detektif berperan penting dalam setiap kasus yang dianggap misterius oleh polisi. Kasus yang rumit diselesaikan oleh polisi adalah target seorang detektif. Detektif kadang disebut 'tidak sopan' sebab detektif ini mencari tahu kebenaran tanpa sepengetahuan pihak yang menangani kasus tersebut. Haha.

Hampir semua detektif tidak suka diganggu selama proses penyelidikan yang dilakukannya. Jadi, detektif ini menyelidiki secara diam-diam. Dan disaat ia meyakini analisanya, disaat itulah ia akan muncul di hadapan pihak penyelidik dan menguak kebenaran itu. Sungguh mengesankan.

Dalam proses pembuatan analisa dibutuhkan wawasan yang luas, imajinasi yang bermutu, dan kecerdasannya untuk menggali petunjuk-petunjuk atau biasa saya dan teman-teman detektif menyebutnya clue.

Oh ya, detektif itu biasa disebut pekerjaan yang misterius sebab selama seorang detektif bekerja, ia hanya diam namun terus berfikir.

Saya mau sharing nih, dulu waktu saya masih aktif di dunia detektif, cara saya menyusun analisa saya adalah pertama, mencari hal yang ganjil lalu menyelidikinya , menyelidiki clue yang ada, berimajinasi 'bagaimana proses' terjadinya kasus yang saya tangani ini yang sesuai dengan petunjuk yang sudah saya dapatkan juga berimajinasi / berandai-andai 'jika saya adalah pelaku kasus ini, apa saja yang kulakukan setelahnya'. Nah, dari sana, analisa bisa dikembangkan hingga tercapainya satu tujuan besar dari penyelidikan ini yaitu menemukan kebenarannya.

Saya di sini bukanlah termasuk detektif hebat di antara teman-teman saya dunia maya (facebook) melainkan seorang yang ingin terlahirnya jiwa-jiwa detektif yang berkualitas hingga sampai ke mancanegara berhubungan dengan organisasi yang mempunyai visi yang sama dengan detektif. Organisasi itu adalah CIA atau FBI.

Beberapa kasus yang paling sering menarik perhatian seorang detektif : pembunuhan , penculikan , pengeboman , pengejaran buronan , penyelundupan , dan perbuatan ilegal lainnya.

Saat yang paling mendebarkan ketika saya belajar jadi detektif adalah saat saya menjelaskan analisa saya. Keraguan antara benar atau salahnya isi analisa saya. Yang pasti, rasa lega amat luar biasa menenangkan keraguan saat pelaku mengakui analisa yang dipaparkan benar adanya. Waww...

Resiko menjadi detektif juga sangat besar, bahkan mengancam maut detektif itu. Sebab tidak semua pelaku yang berhasil dijebloskannya diam saja, beberapa meras dendam. Detektif harus waspada dan tetap berjaga dari jebakan-jebakan pelaku.

Saya sangat menikmati dunia detektif ku dulu, sebab ini mengasah otak juga mampu menciptakan insting detektif itu dalam batin. Teman-temanku di dunia detektif juga cerdas hingga menjadi wadah tuk bertukar pikiran, dan menjalin pertemanan yang baik. Fantastic! Dunia ini benar-benar menantang hasratku, adrenalinku untuk segera memecahkan kasus-kasus yg merangsang rasa ingin tahuku.

Kini,sy paham betul mngapa profesi ini sdh mjdi bgian hdup Shinichi Kudou.

ini dia alat-alat detektif oleh Sherlock Holmes.

3 komentar:

  1. bagus banget. jadi lebih tertarik. awalnya Aq suka detektif dari kartun scoobedoo ma detektif conan.

    BalasHapus