aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

Jumat, 13 Januari 2012

Pecandu Internet Cenderung Terkena Penyakit Depresi

Sharing!

Para remaja yang menghabiskan waktu yang berlebihan di internet memiliki kemungkinan satu setengah kali lebih besar untuk mengalami depresi dibandingkan dengan pengguna jejaring dalam waktu sedang, demikian hasil studi yang dilakukan di Cina.

Peneliti, Lawrence Lam, menggambarkan sebagian tanda tentang penggunaan berlebihan ialah menghabiskan waktu sedikitnya lima sampai lebih dari 10 jam per hari di internet. Gangguan muncul ketika para remaja tersebut tak berada di depan komputer dan kehilangan perhatian dalam interaksi sosial.

''Sebagian dari mereka menghabiskan waktu lebih dari 10 jam per hari, mereka benar-benar menjadi pengguna yang bermasalah dan mereka memperlihatkan tanda dan gejala perilaku kecanduan browsing internet dan main games,'' kata Lam, seperti disiarkan di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine.

''Mereka tak dapat mengalihkan perhatian mereka dari internet, mereka merasa terganggu jika mereka tak kembali setelah sebentar saja mereka meninggalkan jejaring tersebut,'' ahli ilmu jiwa di School of Medicine, University of Notre Dame di Sydney dalam satu wawancara telepon dengan wartawan Reuters, Tan Ee Lyn.

''Mereka tak mau bertemu dengan teman mereka, tak ingin bergabung dalam pertemuan keluarga, dan tak suka menghabiskan waktu bersama saudara atau orang tua mereka,'' tambahnya.

Studi tersebut melibatkan 1.041 remaja yang berusia antara 13 dan 18 tahun di kota Guangzhou di Cina selatan. Mereka terbebas dari depresi pada awal penelitian. Sembilan bulan kemudian, 84 di antara mereka dinilai menderita depresi dan mereka yang menghabiskan sangat banyak waktu di internet menghadapi kemungkinan satu setengah kali rentan dibandingkan dengan remaja yang menggunakan internet secara sedang-sedang saja.

''Hasil penelitian itu menunjukkan bawah anak muda yang mulanya bebas dari gangguan kesehatan mental tapi pengguna internet secara patologi dapat terserang depresi sebagai akibatnya,'' tulis Lam.

''Orang yang menghabiskan sangat banyak waktu di internet akan kurang tidur dan terdapat fakta yang sangat dapat dipercaya bahwa makin kurang tidur seseorang, makin tinggi kemungkinan dia terserang depresi,'' jelas Lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar