aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

Sabtu, 11 Februari 2012

NAGA

Mitos Naga

n
Naga?
Seperti apakah binatang naga? Banyak yang bilang bahwa naga hanyalah mitos, wujudnya sering digambarkan seperti ular besar, kadang ada yang bersayap dan bersisik, serta menyemburkan api. Ia bukan cuma bisa hidup di darat, tapi juga di air dan bisa terbang.
Di berbagai negara sebutan dan bentuk naga kadang berbeda. Misalnya di China naga disebut Liong, berbentuk seperti ular yang memiliki empat kaki berkuku tajam. Lalu di Jepang naga disebut Ryu yang memiliki tiga kuku tajam. Sedangkan di daerah Eropa dan dunia barat, naga biasa disebut dragon, dengan ciri-ciri memiliki dua tangan dan dua kaki, serta mampu menyemburkan api.
Selain jadi mitos, naga juga dipercaya sebagai gambaran sifat manusia oleh budaya China. Misalnya naga Api yang digambarkan bersifat agresif, energinya meluap-luap, mudah naik darah dan pemarah. Sementara naga Air bersifat tenang, rendah hati, tidak sombong, sportif, dan lebih senang menunggu sambil melihat sebelum bertindak.

Naga dan budaya
Kehebatan makhluk naga membuat binatang ini lebih dari sekedar mitos dan gambaran sifat manusia dalam kebudayaan tertentu, juga menginspirasi banyak orang untuk memanfaatkan sosoknya. Misalnya dalam film dan serial televise, komik, dan buku-buku yang sudah tak terhitung jumlahnya. Contohnya adalah film Harry Potter, film How To Train Your Dragon, serial Dragon Ball. Bukan hanya itu, sosok naga juga menghiasi pakaian dan acesoris yang kita kenakan.
Dari sekian banyak budaya, budaya Chinalah yang paling banyak memakai naga dalam kebudayaan mereka. Selain jadi shio, naga juga dijadikan tarian, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Barongsai. Pada waktu tertentu, naga menjadi hiasan di rumah-rumah bangsa China, baik sebagai lampion, atau hiasan perahu naga dalam sebuah festival.

Naga Jadi Bintang Film
            Selain film Harry Potter dan How To Train Your Dragon, banyak juga film yang memakai naga. Ini beberapa contohnya:
  1. Reign of Fire
Rilis: 2007(Buena Vista Pictures)
Seekor naga api raksasa yang sedang tidur selama berabad-abad tiba-tiba merasa terganggu oleh kehidupan manusia. Ia terbangun dari tidurnya dan berusaha membunuh siapa saja yang mengganggunya. Manusia pun berusaha mencari cara untuk membasmi naga tersebut.
  1. Dragon Wars
Rilis: 2007(Freestyle Releasing)
Mengangkat kisah Legenda Korea, di mana seekor ular besar bertarung dengan seekor naga raksasa. Ular tersebut melindungi seorang wanita yang sangat baik. Sang naga yang berusaha merebutnya, juga harus berhadapan dengan manusia yang ingin membebaskan wanita itu.
  1. Eragon
Rilis: 2006(20th Century Fox)
Film ini bercerita tentang seorang laki-laki dari keluarga petani yang miskin, yang menemukan sebuah telur naga. Namun, ketika anak naga menetas dari telurnya, ia malah dikejar-kejar pasukan kerajaan yang akan membunuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar