aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

aaaaaaaaaaasssssssssssseeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkk

Sabtu, 11 Februari 2012

HACKER

10 Fakta Tentang Hacker

Hacker atau para peretas sudah ada sejak ditemukannya computer. Mereka punya peran penting, yaitu untuk mengonfigurasi atau memprogram ulang system guna memberikan akses pada orang yang tidak memilikinya. Para peretas masuk ke dalam system computer berkat keahliannya. Media menggunakan istilah peretas pada setiap bentuk manipulasi elektronik, walaupun terkadang istilah cracker lebih tepat. Berbeda dengan peretas, cracker adalah kegiatan illegal.
1.      Istilah “hacker” dicetuskan oleh John Nash, pakar matematika yang biografinya telah diangkat ke layar lebar dengan judul “A Beautiful Mind” yang diperankan oleh Russell Crowe.
John menggunakan istilah itu sebagai penghinaan, untuk menggambarkan seseorang yang menggunakan jalan keluar yang cepat dan rumit untuk mengesampingkan persoalan yang sebenarnya.
2.      Salah satu teknologi meretas pertama ditemukan tahun 1972.
Sebuah peluit yang dibuat dari kotak sereal Cap’n Crunch digunakan untuk melakukan telepon jarak jauh secara gratis. Frekuensi peluit memungkinkan orang mengakses system otorisasi internal perusahaan computer.
3.      Ian Murphy adalah peretas pertama yang terkena dakwaan tindak pidana berat.
Ia meretas system computer perusahaan telepon AT&T pada tahun 1981 dan mengubah jam, sehingga memungkinkan orang menerima diskon jam bicara malam pada waktu siang, dan justru mengenakan tarif bicara lebih tinggi pada waktu malam.
4.      Kevin Mitnick pernah menjadi peretas paling dicari di Amerika.
Dia pernah meretas system computer DEC, IBM, dan Pacific Bell. Jaksa penuntut yakin ia bermaksud meluncurkan senjata nuklir dengan cara meniupkan peluit ke telepon umum.
5.      Gary McKinnon melakukan peretasan militer terbesar sepanjang sejarah.
Pada tahun 2001 dan 2002, Garry meretas ke system computer NASA, Departement Pertahanan Amerika, AL, AU, dan Angkatan Darat Amerika. Dia mengatakan bahwa dirinya mencari bukti-bukti disembunyikannya fakta mengenai UFO. Total kerugian yang diakibatkannya mencapai 800 ribu dollar.
6.      Albert Gonzales menerima hukuman penjara terlama sepanjang sejarah untuk tindakan peretasan.
Tak kurang 20 tahun hukuman penjara ditanggung Albert akibat mencuri 200 juta angka kartu kredit dan kartu debit. Pencurian itu menyebabkan kerugian hingga 200 juta dollar.
7.      Amerika Serikat adalah Negara dengan computer paling banyak teretas dan menyebarkan spam.
13,1% spam berasal dari Amerika. India berada di urutan kedua dengan 7,3% dan di urutan ketiga adalah Brazil dengan 6,8%.
8.      Sekolah peretas online di China mencetak laba 40 juta dollar per tahun
Siswa harus membayar lebih dari 100 dollar untuk belajar ilmu-ilmu meretas. Sekolah ini tercatat pernah menyusup ke system Google dan pemerintah Amerika.
9.      Di seluruh dunia, para peretas telah mencuri sekitar 2 triliun dollar kekayaan intelektual.
Ulah peretas merugikan Amerika hingga 4 miliar dollar pertahun dan China 1 milliar dollar pertahun.
10.  Situs jejaring social paling sering diretas.
Para peretas umumnya menggunakan Facebook sebagai “incaran” karena akun Facebook paling mudah diretas.H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar